Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

CIRI-CIRI KOSMETIK MENGANDUNG MERKURI


APA SI CIRI-CIRI KOSMETIK yang MENGANDUNG MERKURI???


MERKURI

Tahukah apa itu MERKURI?
Merkuri merupakan logam perak cairan yang disebut Air raksa (Hg). Sering dipakai dalam sediaan pemutih sebagai bahan aktif pemutih. Dengan khasiat bisa memucatkan noda hitam (coklat) pada kulit. Tujuan penggunaannya agar dapat menghilangkan atau mengurangi hiperpigmentasi pada kulit, tetapi pengguanaannya yang harus terus menerus justru akan menimbulkan pigmentasi dengan efek permanen. Walau hanya dioleskan ke permukaan kulit merkuri mudah diserap masuk ke dalam darah memasuki sistem saraf tubuh.

Ciri-ciri
MERKURI? 
Merkuri atau Air raksa (Hg) adalah logam yang ada secara alami, satu-satunya logam pada suhu kamar berwujud cair. Logam murninya keperakan, cairan, tak berbau dan mengkilap. Bila dipanaskan pada suhu 3570C akan menguap.

Cara kerja
MERKURI?
Efek merkuri mempengaruhi enzim trikinase dalam menghambat tirosin sehingga pembentukan melanin tidak terjadi dan kulit mencerah atau lebih putih.

Sumber
MERKURI?
Sebagai unsur merkuri berbentuk cair. Logam ini dilepaskan dari kerak bumi melalui pendegasan. Merkuri juga terdapat dilingkungan sebagai senyawa anorganik dan organik.

Efek
MERKURI?
Pemakaian merkuri menjadikan kulit mulus, namun kemudian mengendap di bawah kulit. Setelah bertahun-tahun akan biru kehitaman bahkan dapat memicu timbulnya kanker.
Pada umumnya merkuri bermanfaat bagi manusia karena penggunaannya dibidang industri, pertanian, atau kedokteran.

Bagi yang memakai krim pemutih sebaiknya perlu mewaspadai jika tidak jelas apa kandungan bahannya. Buktinya, sekian banyak merek krim pemutih yang beredar kedapatan tertangkap, ternyata mengandung merkuri.
Selain dengan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui kadar merkuri di dalam suatu krim pemutih, sebenarnya krim merkuri mempunyai ciri yang sangat khas.


Selain uraian yang telah saya jelaskan di atas, saya akan berbagi TIPS MUDAH MEMBEDAKAN KRIM MERKURI BAGI PENGGUNA KOSMETIK. Dengan mengetahui ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Krim pada umumnya lengket. Sebagian lagi ada yang mencampurkan merkuri dengan bedak dingin (bedak jerawat), agar tampak lebih encer.
  2. Krim pada umumnya tidak HOMOGEN (tidak menyatu dan kasar). Bila didiamkan minyak akan terpisah dengan bagian padat.
  3. Bau logam merkuri tercium atau sebagian menggunakan parfum menyengat untuk menghilangkan bau logam merkuri tersebut.
  4. Warna umumnya sangat mencolok, karena tidak menggunakan bahan pewarna untuk kosmetik, umumnya menggunakan bahan pewarna tekstil (cap kupu-kupu) warna kuning dan warna asli krim putihnya pearly (mengkilat seperti mutiara).
  5. Bila diusapkan pada kulit lengan terasa panas dan gatal.
  6. Pada awal pemakaian menyebabkan iritasi pada kulit dan kemerahan bila terkena sinar matahari.
  7. Warna putih pada kulit tidak lazim, umumnya pucat.
  8. Kulit dapat berubah putih dalam waktu singkat . Biasanya kurang dari satu minggu, tergantung kadar kandungan merkuri, semakin tinggi kadarnya semakin lebih cepat memberikan tampilan putih pada kulit.
  9. Tidak timbul jerawat sama sekali, hal ini disebabkan lapisan kulit epidermis kita telah rusak, kulit sudah tidak mengandung protein dan jasad renik ataupun kuman tidak menyukai kulit yang telah tercemar merkuri termasuk nyamuk sekalipun. Jerawat dalam keadaan normal berfungsi sebagai indikator tingkat kandungan protein di dalam kulit, hal ini juga untuk mengkontrol perawatan kulit wajah, bila anda lupa untuk melakukan pembersihan wajah, umumnya jerawat akan timbul. Akibat merkuri hal ini tidak terjadi lagi karena struktur protein kulit telah berubah atau menjadi rusak.
  10. Pori-pori tampak mengecil dan halus, ini sebenarnya disebabkan lapisan kulit terluar wajah kita telah tipis dan tergerus oleh logam merkuri sehingga tampak sepintas terlihat pori-pori mengecil dan halus. Untuk mengujinya anda bisa merasakan dengan mencobanya pada sinar matahari, kulit akan terasa terbakar, gatal disertai kemerahan. Hal ini dikarenakan kulit wajah sudah tidak mendapatkan perlindungan dari melanin yang berfungsi melindungi dari radiasi matahari. Pada produk yang benar, pemakaian siang hari selalu menggunakan pelindung SPF sehingga pada siang hari anda tidak akan merasakan iritasi.
  11. Bila telah tercemar merkuri dan pemakaian dihentikan akan timbul jerawat kecil-kecil disertai rasa gatal.
  12. Bila pemakaian dihentikan akan timbul bintik-bintik hitam di bawah kulit sebagian atau merata di seluruh wajah.
  13. Warna putih pada kulit wajah lama kelamaan akan berubah menjadi abu-abu lalu selanjutnya menjadi kehitaman.
  14. Untuk lebih lanjut dapat menyebabkan kanker kulit, kerusakan jaringan tubuh dan menyebabkan kematian.
  15. Dapat menghambat pertumbuhan menyebabkan cacat dan kematian pada janin.
  16. Krim merkuri juga dapat diidentifikasikan dari gejala keracunan metabolisme tubuh, dengan gejala sebagai berikut :
·         Pusing
·         Disoriebtasi ruang
·         Mual-mual
·         Tremor (gemetar)
·         Sulit tidur
·         Gangguan penglihatan
·         Gangguan emosi
·         Depresi
·         Lupa (pikun)


Sumber : dr.dyah eka pratami


Bingung memilih krim perawatan wajah yang aman??
Hubungi Nahla saja, Vitual Skin Care yang Aman Terpercaya..
Menyediakan berbagai Produk Perawatan Wajah sesuai Kebutuhanmu.. ;)
Nahla skin health, nahla skinhealth, nahlaskinhealth.blogspot.com, pemutih wajah, cara perawatan wajah, obat, jerawat, obat jerawat, pemerah bibir, krim perawatan, krim flex, perawatan wajah yang aman, krim racikan dokter, krim whitening, paket perawatan wajah, krim pemutih, cream pemutih, pemutih wajah, cara mengatasi jerawat, cara menghilangkan jerawat, tips perawatan wajah, tips menghilangkan jerawat, krim racikan dokter, cream wajah, cream wajah yang aman, cream wajah yang berbpom, pemutih wajah herbal, krim herbal, cream herbal, cream anti aging, cara mengatasi flek, cara mengatasi keriput, menghilangkan bekas jerawat, cara memutihkan wajah, flek wajah, cara menghilangkan flek wajah, tips menghilangkan flek, menghilangkan flek

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar